TP PKK Jakarta Barat Tanam 20 Bibit Buah Melon Golden

By Al


nusakini.com - Jakarta - TP PKK dan Sudin Ketahan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat, menanam 20 bibit Melon Golden di Taman Kantor Wali Kota Jalan Kembangan Raya RT 05/RW 02 Kelurahan Kembangan Selatan.

Ketua TP PKK Kota Jakarta Barat, Lilia Sentosa mengatakan, sebelum ditanam dalam media tanah 20 bibit buah Melon Golden ini sebelumnya disemai dalam polybag. Penanaman ini merupakan kegiatan kelas berkebun kelanjutan yang menjadi program unggulan PKK Jakarta Barat.

"Total ada 20 bibit kita pindah ke tanah dari polybag. Kegiatan ini merupakan program unggulan untuk ketahanan pangan," katanya.

Rencananya, kata Lilia, nantinya setelah berbuah Melon Golden tersebut akan dibagikan kepada masyarakat sekitar kantor Wali Kota yang membutuhkan. Menurutnya, buah Melon Golden ini juga akan digunakan sebagai makanan tambahan saat kegiatan Posyandu.

"Program ini diharapkan dapat dicontoh masyarakat untuk turut menanam buah di pekarangan rumah atau halaman yang tidak terpakai,"tuturnya.

Kasudin KPKP Jakarta Barat, Novy C. Palit menjelaskan, pihaknya juga memberikan 10 bibit buah Melon Golden untuk di delapan kecamatan.  

"Jadi hari ini kita menanam serentak juga di delapan kecamatan," imbuhnya.

Salah satunya di Kecamatan Palmerah yang melakukan aksi menanam buah Melon di di RPTRA Manggis Jl. Anggrek Rosliana II Blok H RW 05. Kelurahan Kemanggisan.

Kasatpel KPKP Kecamatan Palmerah, Sri Purwanti menyampaikan, penanaman serentak dalam bibit Melon merupakan kegiatan kelas berkebun lanjutan yang diikuti oleh PKK Kelurahan Kemanggisan. 

"Ini kelas lanjutan yang dimulai dari tahun 2021, dimana tahun lalu menanam bibit sayuran kangkung dan bayam. Tahun Ini lanjut ke bibit melon," jelasnya.

Dikatakan Purwanti, pihaknya telah menyiapkan lima bibit Melon yang dua diantaranya ditanam di tanah tiga bibit sisanya di dalam pot.

"Biji Melon sudah kami semai sejak 14 juli, dan 25 juli sudah menjadi bibit langsung ditanam," imbuhnya. 

Diharapkan, masyarakat dapat tergerak hatinya untuk turut menanam, sehingga program ketahanan pangan di Jakarta semakin terjaga